Daftar Blog Saya

Label

Kamis, 06 Januari 2011

PENGARUH KOMPUTER DALAM BIDANG PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN


A. LATAR BELAKANG MASALAH

Komputer, barang yang pasti kita dengar atau lihat setiap hari. Dikarenakan kemampuannya yang sangat banyak, maka kegunaan komputer yang bisa kita pakai untuk kehidupan menjadi sangat penting untuk kehidupan. 

Komputer saat ini berguna dalam berbagai macam hal contohnya pendidikan dan psikologi, apa yang membuat komputer mempunyai peran dalam bidang pendidikan ? dan apa dampak penggunaan komputer mempengaruhi kondisi psikologis anak ?

B. MASALAH

Berdasarkan latar belakang di atas maka timbul masalah :

1) Apa kegunaan computer bagi psikologi dan pendidikan ?

2) Apa pengaruh computer bagi dunia psikologi dan pendidikan ?


C. TUJUAN

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana computer dapat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari dan apa saja dampaknya bagi kita.

PEMBAHASAN

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Komputer saat ini banyak digunakan dalam berbagai macam hal contohnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan.
KEGUNAAN KOMPUTER DALAM BIDANG PSIKOLOGI

Kegunaan computer dalam bidang psikologi ada banyak salah satunya computer dapat dipakai untuk bermain game agar dapat terhindar dari stress. Computer juga berguna untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan pasien.
KEGUNAAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlu jauh-jauh pergi kesekolah tetapi hanya dengan fasilitas internet di rumah akan bias berhadapan langsung dengan gurunya. Internet sekarang juga sebagai kelas jarak jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD. Selain itu juga teknologi computer mempunyai peran yang sangat penting antara lain:

1. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.

3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka 

D. DAMPAK NEGATIF KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:

1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. 

2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain. 

E. DAMPAK NEGATIF KOMPUTER DALAM BIDANG PSIKOLOGIS

Pola interaksi antar manusia yang berubah Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

KESIMPULAN

Komputer mempermudah cara kita untuk belajar dan memperoleh informasi. Komputer mempunyai dampak negatif dan positif bagi dunia Psikologi dan dunia Pendidikan tapi semunya tergantung dari cara dan bagaimana komputer itu di gunakan oleh pemiliknya. 

REFERENSI

Anonim/ 2010/Komputer/ id.wikipedia.org/wiki/Komputer/.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf jika masih ancur karena blog ini di buat apa adanya